RANCANG BANGUN SISTEM ANTI NGANTUK PADA PENGENDARA BERBASIS ARDUINO NANO

RANCANG BANGUN SISTEM ANTI NGANTUK PADA PENGENDARA BERBASIS ARDUINO NANO

  • syamsu alam STMIK Handayani
  • Figur Muhammad Sistem Komputer STMIK Handayani
  • Muhammad Ikbal M. Rizal Sistem Komputer STMIK Handayani
Keywords: Rancang Bangun, Denyut Jantung, Mengantuk,, Arduino Nano, Motor Servo

Abstract

Kecelakaan lalu-lintas adalah kejadian dimana sebuah kendaraan tabrakan dengan benda lain yang menyebabkan kerusakan. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka bahkan kematian manusia atau binatang, Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah mengantuk. Penelitianinibertujuan: (1) Merancang bangun sebuah sistem anti mengantuk pada pengendara berbasis arduino nano. (2) Membuat rancang bangun sistem anti ngantuk pada pengendara berbasis arduino nano. (3) Mengimplementasikan alat sistem anti tidur kepada pengendara.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2018 yang berlokasi di Jalan. Paropo2,  Workshop STMIK Handayani Makassar, dan bebrapa ruas jalan di kota makassar. Pada umumnya dalam berkendara, Salah satu penyebab kecelakaan lalulintas adalah disebabkan karena mengantuk .

Maka untuk mengatasi Permasalahan demikian dilakukan penelitian dengan membuat sebuah sistem anti mengantuk untuk pengendara. Sistem demikian dirancang menggunakan arduino nano sebagai kontroller dan sensor detak jantung XD-58C yang berfungsi untuk mendeteksi Detak jantung Pengendara ketika sedang terjaga dan sedan tertidur ketika berkendara. Arduino nano menjadi pusat data untuk mengkondisikan kerja alat yang lain yang akan saling melengkapi dalam fungsi masing-masing. Dalam hal ini juga kami menggunakan motor servo sebagai alat kejut untuk pengedara ketika mengantuk dan button switch sebagai tombol untuk memilih menu pada alat ini. Sistem ini juga dibangun menggunakan bahasa pemrograman C++ 

Author Biography

Muhammad Ikbal M. Rizal, Sistem Komputer STMIK Handayani

Sistem Komputer STMIK Handayani

Published
2019-10-10